Header Ads


Pahami Kualitas Udara Sekitar: Pilih Aplikasi AQI yang Akurat

Ilustasi kondisi udara tercemar


IndonesiaNeo.com --- Kini, ketika mayoritas orang mungkin merasa tidak perlu memakai masker di dalam ruangan, kami justru mulai mempertimbangkan untuk menggunakan masker di luar ruangan – hal ini disebabkan oleh masalah kualitas udara, terutama akibat meluasnya kebakaran hutan di Kanada pada tahun ini. Perhatian publik pertama kali tertuju pada masalah ini pada awal Juni ketika langit di Pantai Timur berubah menjadi warna oranye yang tak biasa. Kini, kita tak hanya memeriksa perkiraan cuaca di pagi hari untuk mengetahui apakah akan hujan, tetapi juga untuk mengetahui apakah udara aman untuk berlari atau membawa anak-anak ke taman. Akronim AQI (Indeks Kualitas Udara) telah menjadi begitu dikenal seperti istilah covid-19 yang menjadi populer tiga tahun sebelumnya.

Dampak dari permasalahan ini mungkin membuat Anda lebih ingin mengenal AQI di wilayah Anda untuk memantau apakah Anda perlu berhati-hati dalam beraktivitas, misalnya berlari di pagi hari, atau bahkan jika Anda memiliki sensitivitas khusus, Anda mungkin harus mengurungkan niat untuk keluar.

Tersedia berbagai aplikasi yang dapat membantu Anda memantau AQI di lokasi Anda, dan kami telah menyusun beberapa di antaranya di bawah ini, lengkap dengan tampilan antarmuka pengguna, fitur-fitur yang disediakan, dan fitur premium (jika ada).

Meskipun setiap aplikasi memiliki perbedaan dalam berbagai aspek, seperti sumber data yang mereka gunakan, tingkat informasi yang disajikan, dan apakah mereka menggunakan sensor mereka sendiri, namun mereka memiliki satu kesamaan, yaitu menggunakan peringkat AQI berkode warna untuk membantu Anda memahami kualitas udara di sekitar Anda.

Pada dasarnya, sistem peringkat ini adalah sebagai berikut: hijau berarti kondisi udara baik; kuning menandakan Anda harus berhati-hati jika Anda sangat sensitif terhadap udara buruk; oranye mengindikasikan orang dengan sensitivitas harus tetap di dalam ruangan; merah menunjukkan kondisi yang bisa menimbulkan masalah bagi sebagian besar orang, sehingga perlu untuk berhati-hati; ungu artinya semua orang berisiko, dan marun berarti – situasi darurat.

Namun, apakah kita bisa sepenuhnya percaya dengan apa yang dikatakan oleh aplikasi ini? Sejujurnya, hampir tidak mungkin untuk menguji aplikasi mana yang menawarkan data paling dapat dipercaya – terlalu banyak faktor yang terlibat di dalamnya. Akurasi peringkat tidak hanya tergantung pada kapan dan di mana pembacaan dilakukan, tetapi juga pada sensitivitas dan lokasi sensor, serta algoritma yang digunakan untuk mengolah semua data tersebut. Akibatnya, pada satu titik waktu tertentu, Anda bisa mendapatkan pembacaan yang berbeda dari aplikasi yang berbeda – meskipun secara umum seharusnya berada dalam kisaran yang sama.

Dikutip dari The Verge (20/07/2023), berikut adalah beberapa aplikasi AQI yang dapat Anda gunakan:

  • AirNow: Aplikasi resmi dari EPA (Environmental Protection Agency) yang memberikan peringkat AQI saat ini dan perkiraan beberapa hari ke depan di lokasi Anda. Anda juga bisa melihat informasi lebih detail tentang jenis polutan yang ada.
  • IQ Air Visual: Aplikasi ini mengumpulkan data kualitas udara dari lembaga pemantauan negara bagian, lokal, atau suku yang menggunakan metode pemantauan referensi federal atau setara yang disetujui oleh EPA.

Saat menggunakan aplikasi ini, perlu diingat bahwa sumber data bisa berasal dari sumber resmi, non-resmi, atau kombinasi dari keduanya. Beberapa aplikasi menggunakan lembaga pemantauan pemerintah, seperti yang dikumpulkan oleh EPA dan lembaga negara bagian lainnya. Namun, ada juga aplikasi yang mengakses data dari jaringan sensor pribadi yang mengambil data kualitas udara lokal dan mengirimkan informasinya ke pusat pengumpulan data, seperti PurpleAir, atau ke pusat data yang dikelola oleh aplikasi itu sendiri.

Pada akhirnya, penggunaan aplikasi ini hanyalah sebagai panduan. Bagaimana Anda memanfaatkannya tergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan pemantauan kualitas udara, ini menjadi salah satu alat yang berguna untuk melindungi kesehatan kita dan menjaga kesadaran akan kondisi udara di sekitar kita. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.