Header Ads


Jumat Malam, Ikuti Seminar Jejak Khilafah di Timur Nusantara




INDONESIANEO-Lingkar Study Politik Muslim menggelar Seminar Politik Islam, Jumat (1/5) malam, pukul 20.00-22.00 WIB. 

Mengupas sejarah politik Islam secara mendalam bertema: Jejak Khilafah di Timur Nusantara. 

Sejak daulah Islam pertama berdiri di Madinah Al Munawwarah, ideologi Islam tampil sebagai kekuatan politik dalam sebuah institusi negara, selanjutnya menerapkan hukum Islam secara kaffah dan menyebar dakwah ke seluruh alam.

 Adalah Rasulullah SAW sebagai kepala negara pertama Daulah Madinah, lalu dilanjutkan oleh para Khulafaur Rasyidin telah berhasil menegakan hukum Islam dan menyebarkan risalah Islam yang agung. Bahkan menaklukan Imperium Persia dan Romawi kala itu. tidak heran kekuasaan Islam di bawah para khalifah yang adil mampu bertahan selama 13 abad lamanya dengan segudang prestasi yang tidak pernah ditorehkan oleh peradaban manapun sebelumnya.

Dimasa kekhilafahan Utsmaniyah, perluasan politik Islam terus meluas sampai ke wilayah nusantara, pengaruh Kekhilafahan Utsmaniyah sangatlah besar, kesultanan Islam yang terbentang di nusantara dari Melayu hingga Merauke, semua terhubung dengan kepemimpinan umum atas umat Islam (khalifah) Turki. 

Tidak heran para sultan disetiap kesultanan memiliki gelar kehormatan yang diberikan langsung atas persetujuan khalifah. Kesultanan Buton salah satunya, Raja Buton VI dan sekaligus sebagai sultan pertama di Kesultanan Buton yakni Lakilaponto. Dikenal juga dengan nama Sultan Murhum yang bergelar Sultan Muhammad Isa Kaimuddin Khalifatul Khamis yang bermakna penguasa Islam di Timur Sulawesi, sultan yang memerintah dan mengatur rakyatnya dengan berdasarkan hukum syariat Islam. 

Seperti apa jejak Islam di Timur Nusantara dan hubungannya dengan Khilafah Ustmani, lantas bagaimana dengan pengaruh tsaqofah asing juga makar kaum kafir penjajah dalam menghilangkan peran kesultanan Islam di nusantara. Temukan jawabanya dalam Seminar Politik Islam via Zoom Meeting.

Menghadirkan pembicara, Irwansyah Amunu
(Wartawan dan Penulis Buku Negeri Khalifatul Khamis), Salman Iskandar, S.S (Penulis & Editor Buku Api Sejarah), dan Wahyudi Al Maroky (Direktur Pamong Institute).

Host Arifin Al Fatih (Penulis buku misi rahasia Mushab bin Umair), terbuka untuk umum. Konfimasi kontak: 0823-2567-3453.(IN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.