Header Ads


13 Pekerja Tiba dari Zona Merah, Warga Wakatobi Panik


INDONESIANEO.COM-WAKATOBI-Dua hari terakhir ini, sejumlah warga se-Waha Raya, yang meliputi Desa Waha, Wapia-pia, dan Koroe Onowa disibukkan oleh datangnya 13 orang dari lokasi zona merah, Kendari.

13 orang tersebut terkonfirmasi sebagai pekerja pada proyek tanggul ombak di Desa Waha. Warga setempat sempat dihebohkan sejak Sabtu sore (2/5).

Tersiar kabar, jika di antara pekerja tersebut telah melakukan kontak dengan warga yang merupakan pemilik kios untuk keperluan belanja.
Malam itu juga terbentuk grup WhatsApp yang meliputi 3 desa, dengan nama Siaga Covid se-Waha Raya.

Sekira 20.30 Wita, warga yang merupakan gabungan Tim Gugus Tugas Covid-19 se-Waha Raya, bersama para pemuda mendatangi lokasi domisili para pekerja.

Dengan menggunakan masker dan perlengkapan APD seadanya, gabungan warga tersebut memberikan himbauan agar mereka mengikuti anjuran Pemerintah untuk melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari, dan tidak melakukan kontak dengan warga.

Di tengah-tengah warga turut hadir Pj. Kades Wapia pia, Kepala Desa Waha, dan Sekdes Koroe Onowa.

Tidak berselang lama, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten hadir di lokasi dan turut memberikan himbauan.

Lanjut esoknya (3/5), Harbiadi Ode Aenu, Camat Wangi-Wangi turut menyaksikan pelaksanaan rapid test pada 13 pekerja yang tiba. Hasilnya, ke-13 pekerja tersebut dinyatakan negatif.
Namun demikian, warga tetap meminta agar para pekerja mengikuti protokol penaganan Covid-19, yakni karantina selama 14 hari.

Hari ini, sejumlah perwakilan pemuda se-Waha Raya menyambangi posko Tim Gugus Tugas Kabupaten. Kehadiran mereka untuk mempertegas tuntutannya, agar para pekerja patuh terhadap protokol yang berlaku.

Oleh karena, tersiar kabar kalau di antara pekerja tersebut, telah melakukan aktivitas di luar desa. (IN)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.