Header Ads


Biaya Ekonomi Polusi Plastik di Seluruh Dunia




Artikel berjudul "Mapped: The Colossal Cost of Plastic Pollution, By Country" yang diterbitkan oleh Visual Capitalist pada tanggal 30 Juni 2023 menyoroti biaya ekonomi dari polusi plastik di seluruh dunia.

Menurut artikel tersebut, saat ini terdapat sekitar 139 juta ton polusi plastik di lautan, laut, dan sungai dunia, termasuk barang yang paling sering dibuang: filter rokok sekali pakai. Meskipun kita tahu bahwa limbah plastik memiliki dampak lingkungan yang sangat besar, apa biaya ekonomi yang terkait?

Menggunakan perkiraan yang dikembangkan oleh Deloitte untuk The Ocean Cleanup, visualisasi data ini memetakan biaya polusi plastik untuk bagian ketiga dan terakhir dalam Seri Plastik Sekali Pakai untuk sponsor kami Greenbutts.

Studi Harga Polusi Plastik Deloitte tahun 2019 menggunakan model penilaian baru untuk memperkirakan biaya ekonomi dari sampah laut, yang biasanya mengalir dari sungai dan ke laut. Perkiraan yang dihasilkan untuk 87 negara mencakup biaya langsung pemerintah, serta pendapatan yang hilang untuk pariwisata, serta perikanan dan akuakultur.

Setiap tahun, polusi plastik menelan biaya negara-negara pesisir antara $6.0 dan $19.2 miliar. Biaya langsung pembersihan garis pantai, jalur air, marina, dan pelabuhan merupakan bagian terbesar, antara $5.6 dan $15.0 miliar dalam pengeluaran pemerintah.

Namun, biaya pembersihan bukanlah satu-satunya dampak. Pantai yang tercemar dan sampah yang terdampar juga berdampak pada pariwisata, diperkirakan antara $237.8 juta dan $2.4 miliar. Dan meskipun kerusakan pada ekosistem laut tidak dapat dilebih-lebihkan, biaya bagi perikanan dan akuakultur serta komunitas yang bergantung padanya adalah nyata. Ini menambahkan hingga antara $114.4 juta dan $1.9 miliar setiap tahun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.