Header Ads


Inikah Kalimat Tertua dari Abjad Pertama di Dunia?

Sisir gading yang diklaim memuat tulisan tertua


Kalimat tertua yang dapat dibaca yang ditulis menggunakan alfabet pertama telah ditemukan di sisi sisir gading. Kata-kata tersebut dengan hati-hati dituliskan dalam huruf lebar 1 hingga 3 milimeter dan berbentuk permohonan: "Semoga gading ini mengakar keluar kutu rambut dan jenggot".

Tulisan ini muncul di Mesopotamia dan Mesir sekitar 5200 tahun yang lalu. Sisir ini ditemukan di Lachish, sebuah negara kota Kanaan pada milenium kedua SM dan kota terpenting kedua di kerajaan Yehuda. Sisir ini menunjukkan bahwa manusia telah bertahan hidup dengan kutu selama ribuan tahun dan bahkan orang terkaya tidak terhindar dari infestasi yang mengerikan.

Sisir ini terbuat dari gading dan ukurannya 3,5 cm x 2,5 cm. Sisir ini ditemukan di situs di Israel tengah-selatan pada tahun 2017, tetapi ukiran dangkal di permukaan baru terlihat pada Desember tahun lalu. Analisis tanda-tanda menegaskan tulisan itu menjadi skrip Kanaan, alfabet tertua, yang ditemukan sekitar 3.800 tahun yang lalu.

Upaya untuk mendapatkan usia sisir dari penanggalan karbon terbukti sia-sia, tetapi para peneliti percaya itu dibuat sekitar 1700 SM. Sisir ini sudah aus dan giginya hilang, tetapi sisa-sisa gigi menunjukkan bahwa itu pernah memiliki enam gigi yang terpisah luas untuk menghilangkan kusut rambut di satu sisi, dan 14 gigi yang berjarak sempit untuk menghilangkan kutu dan telur di sisi lain.

Bukti lebih lanjut tentang tujuan sisir datang ketika para peneliti memeriksanya di bawah mikroskop dan mengidentifikasi membran luar yang tangguh dari tahap nimfa kutu kepala setengah milimeter panjangnya. Huruf-huruf pada sisir mengeja tujuh kata yang membentuk kalimat pertama yang sepenuhnya diterjemahkan dalam dialek Kanaan, ditulis dalam skrip Kanaan, kata para peneliti dalam Jerusalem Journal of Archaeology sebagaimana diberitakan oleh BBC.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.