Header Ads


Lubang Hitam Supermasif: Penemuan Baru yang Mengungkap Sejarah Alam Semesta

Ilustrasi alam semesta


Dikutip dari National Geographic (12/07/2023), baru-baru ini, sebuah lubang hitam supermasif telah ditemukan yang ada sekitar 570 juta tahun setelah ledakan besar. Lubang hitam ini mungkin membantu kita memahami evolusi alam semesta.

Lubang hitam adalah sebuah ruang gelap yang berada di luar angkasa. Lubang ini memiliki daya hisap benda-benda kosmik di sekitarnya. Dalam menghisap benda, lubang hitam seperti tidak pandang bulu. Semua partikel, termasuk radiasi elektromagnetik dan cahaya akan mereka serap.

Lubang hitam memiliki beberapa fungsi dalam alam semesta. Salah satunya adalah sebagai pusat gravitasi yang sangat kuat yang dapat mempengaruhi pergerakan benda-benda kosmik di sekitarnya. Lubang hitam juga dapat mempengaruhi pembentukan dan evolusi galaksi serta membantu menjaga keseimbangan antara materi dan energi di alam semesta.

Namun, masih banyak misteri yang belum terpecahkan tentang lubang hitam dan perannya dalam alam semesta. Para ilmuwan terus melakukan penelitian untuk memahami lebih lanjut tentang objek luar angkasa yang menakjubkan ini.

Lubang hitam raksasa, sekitar sembilan juta kali massa matahari, mungkin telah ditemukan dari masa awal alam semesta. Terdeteksi oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST), itu sudah terbentuk di pusat galaksi hanya sekitar 570 juta tahun setelah ledakan besar. Penemuan ini - dan yang lain seperti itu yang peneliti katakan kemungkinan akan muncul segera - suatu hari nanti dapat membantu memecahkan misteri bagaimana raksasa ini bisa muncul begitu awal dalam sejarah kosmik.

Selama beberapa dekade, ilmuwan telah mendeteksi dua jenis lubang hitam: lubang hitam bermassa bintang dan lubang hitam supermasif. Lubang hitam bermassa bintang biasanya lima hingga 10 kali massa matahari dan diyakini timbul ketika bintang raksasa mati dan runtuh ke dalam dirinya sendiri, kemudian meledak dalam supernova dan meninggalkan lubang hitam di belakangnya. Di sisi lain, lubang hitam supermasif adalah jutaan hingga miliaran kali massa matahari dan membentuk inti dari sebagian besar, jika tidak semua, galaksi besar.

Seseorang mungkin secara alami berasumsi bahwa lubang hitam supermasif lahir dari lubang hitam bermassa bintang yang makan dan makan sampai mereka tumbuh besar. Namun, astronom telah mendeteksi lubang hitam yang lebih dari satu miliar kali massa matahari dari kurang dari satu miliar tahun setelah ledakan besar, kata Steven Finkelstein, seorang astrofisikawan di University of Texas di Austin. Ini tetap menjadi teka-teki bagaimana mereka bisa membengkak menjadi ukuran yang sangat besar dalam waktu singkat.

"Ini adalah salah satu masalah utama dalam astronomi modern," kata Masafusa Onoue, seorang astronom di Institut Kavli untuk Astronomi dan Astrofisika di Universitas Peking di Beijing. Untuk memecahkan teka-teki ini, ilmuwan mengintip cahaya dari masa lalu dalam sejarah 13,7 miliar tahun alam semesta. Setelah bepergian begitu lama, debu dapat menutupi banyak cahaya ini, membuat lubang hitam awal ini sangat redup.

Lubang hitam baru yang ditemukan, ditemukan di dalam galaksi yang disebut CEERS 1019, ditemukan sebagai bagian dari survei galaksi mendalam yang dikenal sebagai Cosmic Evolution Early Release Science (CEERS). Bersama dengan dua lubang hitam supermasif awal lainnya, objek tersebut baru-baru ini dilaporkan dalam sebuah makalah yang dilaporkan diterima untuk publikasi di Astrophysical Journal Letters.

Saat cahaya bepergian dari galaksi jauh ke Bumi, ia perlahan-lahan terdistorsi menjadi panjang gelombang yang lebih panjang dan bergeser ke bagian inframerah dari spektrum. Survei CEERS menganalisis data dari instrumen inframerah JWST yang sangat sensitif untuk menemukan lubang hitam kuno yang terlalu redup bagi teleskop sebelumnya untuk dilihat. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.