Header Ads


Masa Khalifah Umar bin Khatab dan Penetapan Tahun Hijriyah

Ilustrasi bulan sabit


IndonesiaNeo.com --- Tahun Hijriyah adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam berdasarkan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. 

Penamaan "hijriah" diambil dari peristiwa hijrah tersebut yang kemudian ditetapkan sebagai dimulainya perhitungan tahun Hijriah.

Sebelum penanggalan hijriyah ditetapkan, masyarakat Arab dahulu menjadikan peristiwa-peristiwa besar sebagai acuan tahun. 

Tahun renovasi Ka’bah misalnya, karena pada tahun tersebut, Ka’bah direnovasi ulang akibat banjir. Tahun fijar, karena saat itu terjadi perang fijar. Tahun fiil (gajah), karena saat itu terjadi penyerbuan Ka’bah oleh pasukan bergajah. 

Oleh karena itu kita mengenal tahun kelahiran Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dengan istilah tahun fiil/tahun gajah.

Sistem penanggalan seperti ini berlanjut sampai ke masa Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dan khalifah Abu Bakr Ash-Sidiq radhiyallahu’anhu. 

Barulah di masa khalifah Umar bin Khatab radhiyallahu’anhu, ditetapkan kalender hijriyah yang menjadi pedoman penanggalan bagi kaum muslimin.

Berawal dari surat-surat tak bertanggal, yang diterima Abu Musa Al-Asy-‘Ari radhiyahullahu’anhu; sebagai gubernur Basrah kala itu, dari khalifah Umar bin Khatab. 

Abu Musa mengeluhkan surat-surat tersebut kepada Sang Khalifah melalui sepucuk surat.

Karena kejadian inilah kemudian Umar bin Khatab mengajak para sahabat untuk bermusyawarah; menentukan kalender yang nantinya menjadi acuan penanggalan bagi kaum muslimin.

Saat itu Khalifah Umar memilih bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam susunan tahun Hijriyah. Alasannya karena Hijrah Nabi Muhammad SAW terjadi pada bulan Rabiul Awal dan tidak mungkin dijadikan sebagai awal tahun karena sudah lewat beberapa bulan. 

Sedangkan bulan Dzulhijjah adalah bulan haji dan tidak mungkin dijadikan sebagai awal tahun karena akan mengganggu ibadah haji. Maka mereka sepakat Muharram jadi bulan pertama di kalender Hijriah. [IDN]

Sumber: https://islamdigest.republika.co.id/berita/rxz61z430/sejarah-penetapan-tahun-hijriyah-oleh-umar-bin-khattab.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.