Header Ads


Omar Khayyam: Kejeniusan Multifaset dari Persia

Ilustrasi wajah Umar Khayyam

Pada tahun 1072 M, Omar Khayyam mendokumentasikan panjang tahun paling akurat yang pernah dihitung - angka yang masih cukup akurat untuk dunia modern. Khayyam adalah seorang astronom, astrolog, dokter, filsuf, dan matematikawan: ia membuat kontribusi luar biasa dalam aljabar. Puisinya lebih dikenal di Barat daripada penyair non-Barat lainnya.

Ia tetap menjadi teka-teki. Penulis biografi yang berbeda telah mendokumentasikannya sebagai seorang agnostik peminum anggur yang suka bersenang-senang; lemari Zoroaster; seorang Muslim Sufi; seorang Muslim Sunni ortodoks; dan pengikut filsafat Yunani Kuno. Semua setuju bahwa dia adalah seorang intelektual yang luar biasa.

Omar Khayyam lahir pada 18 Mei 1048 di kota perdagangan besar Nishapur di Persia utara. Hari ini kota ini berada di Iran. Ayah Omar adalah Ebrahim Khayyami, seorang dokter kaya. Nama ibu Omar tidak diketahui. Beberapa penulis telah menulis bahwa ayah Omar mencari nafkah dengan membuat tenda, 'Khayyami' berarti pembuat tenda. 

Keluarga Omar adalah Muslim. Ayahnya mempekerjakan seorang matematikawan dengan nama Bahmanyar bin Marzban, seorang pemuja agama Persia kuno Zoroastrianisme, untuk mengajar Umar. Bahmanyar telah menjadi murid dari dokter, ilmuwan, dan filsuf besar Avicenna, dan dia memberi Omar pendidikan menyeluruh dalam sains, filsafat, dan matematika. Khawjah al-Anbari mengajarkan astronomi kepada Umar, membimbingnya melalui Almagest karya Ptolemeus.

Di awal masa remajanya, Omar bekerja di operasi ayahnya untuk belajar tentang obat-obatan.

Omar Khayyam bergabung dengan salah satu kafilah reguler melakukan perjalanan tiga bulan dari Nishapur ke kota besar Samarkand, yang sekarang berada di Uzbekistan. Samarkand adalah pusat beasiswa, dan Khayyam tiba di sana mungkin pada tahun 1068, berusia 20 tahun.

Di Samarkand ia melakukan kontak dengan teman lama ayahnya, Abu Tahir, yang adalah gubernur dan hakim kepala kota. Tahir, mengamati bakat luar biasa Khayyam dengan angka, memberinya pekerjaan di kantornya. Segera Khayyam diberi pekerjaan di perbendaharaan raja.

Ketika tinggal di Samarkand, Khayyam membuat kemajuan besar dalam aljabar.

Di sekolah menengah kita belajar tentang persamaan kuadrat dan persamaan kubik. Secara alami, persamaan kubik lebih sulit dipecahkan daripada kuadrat.

Khayyam menduga dengan benar bahwa tidak mungkin untuk menyelesaikan persamaan kubik menggunakan alat geometri Yunani Kuno tradisional straightedge dan kompas. Diperlukan metode lain.

Pada usia 22, pada tahun 1070, Khayyam menerbitkan salah satu karya terbesarnya: Risalah tentang Demonstrasi Masalah Aljabar dan Keseimbangan (Treatise on Demonstration of Problems of Algebra and Balancing). Di dalamnya ia menunjukkan bahwa persamaan kubik dapat memiliki lebih dari satu solusi. Dia juga menunjukkan bagaimana persimpangan bagian kerucut seperti parabola dan lingkaran dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan solusi geometris persamaan kubik. 

Dalam bahasa matematika modern, solusi Khayyam juga untuk persamaan parabola. 

Setelah terobosan Khayyam, ada sedikit kemajuan signifikan pada persamaan kubik sampai 1535, ketika Niccolo Tartaglia menemukan solusi umum untuk semua persamaan kubik.

Aljabar dan Geometri berhasil dihubungkan oleh Pierre de Fermat dan René Descartes pada tahun 1600-an, menghasilkan sistem koordinat x-y modern.

Karya Khayyam dengan kubik telah membuatnya yakin bahwa aljabar dan geometri saling terkait, dan dia mengutip Euclid's Elements untuk mendukung gagasan tersebut.

Pada 1073, Khayyam menerima undangan ke kota Persia Isfahan, ibukota Kekaisaran Seljuk, untuk menyiapkan kalender yang akan bekerja secara teratur dan akurat selamanya – ini adalah era di mana panjang tahun secara teratur berubah.

Undangan Khayyam datang dari dua orang paling berkuasa di Kekaisaran Seljuk, di mana Persia menjadi bagiannya: ini adalah Malik Shah, Sultan, dan Nizam al-Mulk, wazirnya.

Khayyam merekrut ilmuwan berbakat lainnya untuk menemaninya ke Isfahan pada 1074. Di sana ia dibayar dengan gaji yang luar biasa tinggi dan menikmati gaya hidup istimewa. Malik Shah membayar Khayyam untuk mendirikan sebuah observatorium dengan tujuan awal melakukan pengamatan langit selama 30 tahun, selama waktu itu Saturnus, planet paling jauh yang diketahui saat itu, akan menyelesaikan orbit.

Selama berada di Isfahan, Khayyam mengukur panjang tahun – tepatnya panjang tahun tropis – dengan akurasi dan presisi yang luar biasa.

Khayyam menemukan bahwa 1.029.983 hari menghasilkan 2.820 tahun. Ini memberikan panjang tahun tropis 365,2422 hari menjadi tujuh angka signifikan. Meskipun telah menjadi mode untuk mengutip lebih banyak tempat desimal daripada ini, masukan Khayyam dari 1.029.983 hari berisi tujuh angka penting, sehingga tidak masuk akal untuk mengutip lebih dari jumlah angka signifikan ini dalam panjang tahun yang dihitung.

Hari ini kita tahu bahwa panjang tahun tropis sebenarnya berubah sebanyak 30 menit dari tahun ke tahun. Panjang tahun tropis rata-rata yang dikutip hari ini adalah 365,242189 hari, yang bagi tujuh angka signifikan adalah 365,2422 hari – persis angka Khayyam yang dihitung hampir seribu tahun yang lalu. Panjang tahun tropis juga meningkat sangat sedikit seiring berjalannya waktu, meskipun tidak cukup antara era Khayyam dan era kita sendiri untuk terlihat pada skala tujuh tokoh penting.

Malik Shah memperkenalkan kalender baru Khayyam di Kekaisaran Seljuk pada 15 Maret 1079. Itu digunakan sampai abad ke-20.

13 buku Euclid's Elements yang diterbitkan sekitar 300 SM mungkin adalah buku yang paling berpengaruh dalam seluruh sejarah matematika. Unsur-unsur telah dibangun di atas lima postulat geometris - dengan kata lain lima hal yang diasumsikan benar tentang geometri: misalnya, semua sudut siku-siku sama satu sama lain.

Sejak saat Elements pertama kali diterbitkan, matematikawan telah mencoba menggunakan empat postulat pertama Euclid untuk membuktikan postulat paralel. Mereka ditakdirkan untuk gagal. Kita sekarang tahu bahwa tidak mungkin untuk membuktikan postulat paralel menggunakan postulat Euclid lainnya.

Rincian lengkap kehidupan pribadi Khayyam tidak diketahui. Dia diyakini telah menikah dan memiliki setidaknya satu putra dan satu putri.

Sumber: https://www.famousscientists.org/omar-khayyam/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.