Header Ads


Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Melambat pada Juni; Tingkat Pengangguran Turun Menjadi 3,6%

Ilustrasi grafik pertumbuhan lapangan kerja menurun di AS


Pertumbuhan lapangan kerja di Amerika Serikat melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni setelah melonjak pada bulan sebelumnya, tetapi kondisi pasar tenaga kerja tetap ketat, dengan tingkat pengangguran mundur dari tertinggi tujuh bulan dan kenaikan upah yang cukup kuat terus berlanjut. 

Nonfarm payrolls meningkat sebesar 209.000 pekerjaan bulan lalu, Departemen Tenaga Kerja mengatakan dalam laporan ketenagakerjaan yang sangat diperhatikan pada hari Jumat. Data untuk Mei direvisi lebih rendah untuk menunjukkan payrolls naik 306.000 bukan 339.000 seperti yang dilaporkan sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan payrolls naik 225.000.

Ekonomi perlu menciptakan 70.000-100.000 pekerjaan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja. Tingkat pengangguran turun menjadi 3,6% dari 3,7% pada Mei.

Meskipun pertumbuhan lapangan kerja melambat, pasar tenaga kerja tetap tak tergoyahkan meskipun Federal Reserve memberikan kenaikan suku bunga sebesar 500 basis poin sejak Maret 2022 ketika memulai kampanye pengetatan kebijakan moneter tercepatnya dalam lebih dari 40 tahun.

Rata-rata pendapatan per jam naik 0,4% bulan lalu setelah naik dengan margin yang sama pada Mei. Dalam 12 bulan hingga Juni, upah meningkat 4,4%, sama dengan kemajuan Mei.

Pertumbuhan upah tahunan tetap terlalu tinggi untuk konsisten dengan target inflasi Fed sebesar 2%. Bank sentral AS hampir pasti akan melanjutkan peningkatan suku bunga nanti bulan ini seperti yang disinyalir oleh Ketua Fed Jerome Powell, setelah berhenti pada Juni sebagaimana dilansir oleh Aljazeera. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.