Header Ads


Black Panther VS Mansa Musa



Gen Saladin | @gen.saladin | t.me/gensaladin

Awal 2018 lalu, Marvel meluncurkan film kedelapan belas dari Marvel Cinematic Universe. Siapapun tidak asing lagi dengan Black Panther, hero keren dari Wakanda ini adalah simbol yang Marvel gunakan untuk mewakili kegagahan Afrika.

Black Panther yang tidak lain adalah King T’Challa, adalah raja kaya raya di Benua Afrika. Kekayaannya mencapai USD 500 miliar atau setara Rp 6 ribu triliun, lebih kaya dari Iron Man dan Batman. Sayangnya satu, T'Challa adalah khayalan.

Namun tahukah kamu, Sejarah Umat Islam memiliki legenda seorang Raja besar yang shalih dan kaya raya dari Afrika. Namanya; Mansa Musa.

Kekayaan Black Panther vs Mansa Musa

Dalam Dunia Marvel, kekayaan King T'Challa dilansir The Richest, Rabu (14/6/2017), bisa mencapai USD 500 miliar atau setara Rp 7 ribu triliun. Angka ini jauh melebihi kekayaan superhero-superhero lainnya, termasuk Iron Man dan Batman yang juga dikenal kaya. Sayang, satu hal; ya itu, khayalan.

Nah, adapun Mansa Musa, digelari sebagai "the richest human being in all history" oleh Celebrity Net Worth website. Di masa kekuasaannya (1280-1331) kekayaannya adalah USD 400 miliar atau setara 5.6 ribu triliun rupiah. Melebihi kekayaan Bill Gates Yang hanya USD 92.5 miliar (1.2 ribu triliun rupiah)

Black Panther Kaya dengan Vibranium, Mansa Musa kaya dengan Emas dan Garam

Dalam Marvel Universe, Vibranium adalah zat Logam langka yang berasal dari luar angkasa yang sering dikenal sebagai bahan utama dari perisai Captain America. Diceritakan dari komik Black Panther, harga Vibranium bisa mencapai USD 10 ribu per gram atau setara Rp 130 juta. Sedangkan di negara Wakanda memiliki cadangan Vibranium mencapai 10 ribu ton.

Adapun Mansa Musa, raja Muslim ini memimpin Mali memproduksi emas dan garam sehingga menguasai pasar Internasional. Emas dan garam merupakan barang sangat langka di era abad 14, dan Mansa Musa memiliki gunungan kedua barang langka itu. Dilansir oleh fakratnews com, emas dan garam Mali mencapai 70% produksi dunia.

3. Aksi Heroik Black Panther VS Dakwah Pendidikan Mansa Musa
.
Dengan kekayaannya, King T'Challa membuat pakaian Black Panther yang sangat canggih untuk melindungi negaranya, Wakanda. Kerajaannya seperti kamu lihat di Marvel Cinematic Universe, fokus pada pengembangan teknologi. Namun dua hal yang disayangkan. Pertama, dia tak menjadikan kekayaan Wakanda untuk mensejahterakan Afrika. Kedua, ia khayalan.
.
Sedangkan Mansa Musa menggunakan kekayaannya untuk dakwah dan pendidikan. Dalam perjalanan hajinya tahun 1324, ia membawa 60.000 orang. Sepanjang jalan Mali-Makkah, ia membagikan emas dan memberi bantuan pada orang-orang. Sepulang haji, ia mengundang cendekiawan Andalusia, Arab dan Persia untuk mengajar di Mali. Saat itulah, Mali menjadi garis depan ilmu pengetahuan Umat Islam, tepat ketika Baghdad diserang Mongol.
.
4. Ternyata, Memang ada Inspirasi Mansa Musa dalam Karakter Black Panther.
.
"Menurutku, karakter Black Panther adalah sebuah inspirasi yang menggambarkan antitesis pada orang-orang yang berpikir salah tentang Afrika dan sejarah Afrika. Banyak orang juga belum tahu, bahwa ada raja yang sangat kaya dari Afrika (Kingdom of Mali) seperti Black Panther, yang digelari sebagai manusia terkaya sepanjang sejarah manusia."
.
—Wesley Snipes, Aktor Hollywood

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.