Header Ads


Ghazan Khan : Muallafnya Sang Khan Mongol


Oleh: @niswahqonitah • Kontributor Gen Saladin | @gen.saladin | t.me/gensaladin

Ketika kita membicarakan tentang bangsa Mongol, yang terbesit dalam pikiran kita adalah kebengisan mereka dalam memporak-porandakan Negara Abbasiyah yang kemudian menghentikan denyut nadi peradaban Islam di Syam.

Namun siapa sangka kurang dari setengah abad setelah agresi militer pasukan Hulagu Khan, cicitnya, Ghazan Khan, muncul sebagai Khan yang beragama muslim nan saleh, mencurahkan banyak waktu, tenaga dan energi untuk menghidupkan kembali kebudayaan Islam. Hal ini membuktikan, betapa Allah maha membolak-balikkan hati manusia dari kedzaliman menuju kemukminan maupun sebaliknya.

Sangat menarik untuk membicarakan sosok beliau, Ghazan lahir pada 4 Desember 1271M. Beliau dibesarkan di bawah lingkungan ajaran Budha. Proses masuknya Ghazan menjadi Islam, di antaranya, berkat jasa Jendral Nawroz yang membantu perjuanganya melawan sepupunya Baydu, jika ia memenangkan melawan Baydu, ia akan menerima agama Islam.

Keterangan lain menjelaskan perubahan kepercayaan itu terjadi ketika terjadi suatu perjanjian dan sebuah persetujuan pada masa Baydu, antara bangsa Mongol dan kaum Muslim Persia. Kaum Muslim bersumpah dengan al-Qur’an dan orang Mongol dengan emas. Dalam pertemuan itu terjadilah dialog antara Nawroz dan Ghazan membahas tentang agama Islam.

Keislaman Ghazan Khan berpengaruh besar dalam Islamisasi dinasti Ilkhan, karena beliau menetapkan agama Islam sebagai agama resmi dinasti Ilkhan. Dikisahkan Ghazan masuk Islam disertai 400.000 orang, termasuk para komandan, wazir, dan prajuritnya, bahkan ada yang menyebutkan 10.000 orang.

Ghazan adalah sosok yang sangat mencintai ilmu pengetahuan. Ghazan membangun kembali institusi pendidikan meliputi membangun perguruan tinggi untuk madzhab Syafi’i, madrasah, perpustakaan, observartium, masjid, menata institusi kemilitaran dengan membangun barak tentara dan sebagainya yang sebelumnya telah habis diporak-porandakan oleh pasukan Hulagu Khan. Beliau wafat pada tahun 1304. Semoga Allah merahmatinya.

Source : 
Philip K. Hitti. 2018. History Of The Arabs. Jakarta: Zaman.
M Abdul Karim. 2006. “Ghazan Khan; Pemimpin Besar Mongol Islam (Analisis Historis Atas Sistem Pemerintahan Dan Pembaruan).” Millah 5 (2): 307–323.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.