Header Ads


Konferensi Internasional Advokat Muslim, Mencari Solusi Permasalahan Kaum Muslim


 

Indonesianeo.com – Agenda Internasional Muslim Lawyers Conference (IM-LC) yang akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 adalah dalam rangka mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi kaum Muslim.

“Agenda ini dalam rangka mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi kaum Muslim,” tutur Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pelita Umat Chandra Purna Irawan kepada Mediaumat.news, Kamis (23/9/2021).

Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh kaum Muslim hari ini diantaranya adalah masalah kemanusiaan seperti pemerkosaan, pengusiran dari negerinya seperti Rohingya, Suriah, Palestina, pembunuhan sistematis dan penjajahan.

Tak hanya sebatas itu, Chandra mengatakan, kriminalisasi ajaran Islam juga menjadi masalah umat Islam hari ini. “Terjadi kriminalisasi ajaran Islam seperti sistem pemerintahan Islam atau khilafah. Padahal di satu sisi kita tidak dilarang mengkaji sistem pemerintahan dan bentuk negara dari Romawi atau semisal republik, presidensil, parlementer dll,” jelasnya.

Karena itu, pada agenda tersebut, menurut Chandra, akan menghadirkan pandangan hukum internasional serta solusi apa yang dapat dilakukan dalam konteks hukum.

“Bagaimana menurut hukum internasional apakah dibenarkan kaum Muslim menyatukan seluruh negeri-negerinya menjadi satu negara. Pembahasan inilah yang akan dibedah dalam acara IM-LC,” ungkapnya.

Chandra mengatakan, agenda tersebut akan menghadirkan lawyers dan pakar hukum (law expert) dari berbagai negara. “Inggris, Belanda, Amerika, Malaysia dan Indonesia. Serta akan disaksikan dari berbagai negara,” pungkasnya.[]

Sumber: https://mediaumat.news

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.