Header Ads


Waspada Konsumsi Herbal Qusthul Hindi, Dokter Zaidul Akbar Ungkap Alasannya


Dokter Zaidul Akbar mengatakan qusthul hindi adalah tanaman obat atau herbal asal India yang berupa tanaman kayu dengan nama ilmiahnya saussurea costus

Namun mengonsumsi qusthul hindi, lanjut Dokter Zaidul Akbar, akan percuma jika tidak dibarengi dengan pola hidup sehat.

Pasalnya, apapun herbalnya membutuhkan bahan bakar untuk bekerja maksimal yaitu nutrisi yang baik. Nah, nutrisi yang baik ini bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Saya bilang bahwa tubuh kita kerjanya itu sinergi, jadi kalau mau makan qusthul hindi sehari 1 kilogram, kalau nggak ada nutrisi di badan tidak akan bisa, jadi sama aja bohong," ujarnya di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip suara.com, Sabtu (7/8/2021).

Dokter Zaidul sendiri mengaku tidak pernah mengonsumsi qusthul hindi karena sulit didapatkan, mengingat herbal tersebut berasal dari India. 

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) itu juga menerangkan jika 75 persen sistem kekebalan tubuh berada di saluran cerna, sehingga keunggulan herbal bisa difokuskan untuk memperbaiki kesehatan lambung,

Terkhusus untuk qusthul hindi, dr. Zaidul mengingatkan agar digunakan secara waspada, lantaran herbal tersebut bersifat panas, yang bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

"Ketika orang mengonsumsi qusthul hindi jangan sampai kekurangan air, karena sifatnya panas. Di Indonesia juga herbal seperti itu, seperti kapulaga, sereh, lengkuas itu panas semua," terang dr. Zaidul.

Sekadar informasi, ekstrak qusthul hindi digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional, dan dikenal dengan nama minyak atsiri.

Qusthul hindi banyak tumbuh subur di dataran tinggi beriklim alphine.

Kerap digunakan selama berabad-abad lamanya di Tibet dan obat tradisional China, karena tanaman ini diyakini punya efek anti-inflamasi, antimikroba, dan analgesik atau penghilang rasa sakit pada manusia.

Jika di India dikenal dengan sebutan qusthul hindi, tanaman ini mendapat sebutan yang berbeda di berbagai negara.

Di Jepang misalnya, qusthul hindi disebut Mokkou, sedangkan dalam pengobatan tradisional China disebut Mu Xiang. 

Sejenis tanaman herbal yang bersifat panas ini mengandung senyawa yang disebut terpen yang bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan, dengan bekerja menekan enzim siklooksigenase atau COX.

COX adalah sejenis enzim yang biasanya ditargetkan oleh obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen dan anaproxen.

Sumber: https://www.suara.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.