Header Ads


Negara-Negara yang Berhari Raya Idul Adha Hari ini

Ilustrasi pelaksanaan kurban di hari raya Idul Adha


Idul Adha atau Hari Raya Kurban adalah salah satu hari raya besar bagi umat Islam di seluruh dunia. Hari raya ini dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam.

Pada tahun 2023, Idul Adha jatuh pada tanggal 28 Juni di beberapa negara, yakni Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, termasuk Afghanistan, Libya, Mesir, Kenya dan Yaman. Namun, beberapa negara lainnya merayakan Idul Adha pada tanggal yang berbeda, tergantung pada penampakan bulan di negara tersebut.

Di Indonesia, pemerintah telah menetapkan bahwa Idul Adha 1444 H jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Namun, organisasi Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023. 

Adapun di Jepang, Komite Ruyat-e-Hilal telah mengumumkan bahwa Idul Adha di Jepang akan berlangsung pada tanggal 29 Juni 2023.

Sementara itu di Singapura, Dewan Agama Islam Singapura (Muis) mengeluarkan pernyataan media pada hari Minggu yang menyatakan bahwa menurut perhitungan astronomi, bulan sabit tidak mungkin terlihat, karena itu Idul Adha di negara tersebut akan jatuh pada tanggal 29 Juni.

Hari raya Idul Adha di beberapa tempat sangat meriah, misalnya di Kuwait, terdapat banyak kegiatan menyenangkan dan hiburan yang dapat dilakukan selama perayaan Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 28 Juni.

Demikian informasi tentang pelaksanaan Idul Adha 1444 H di beberapa negara. Dari beberapa informasi di atas menunjukkan bahwa ada perbedaan hari pelaksanaan hari raya Idul Adha, walaupun negara-negara Organisasi Konferensi Islam Internasional (OKI), yang sekarang menaungi 57 Negara, termasuk Indonesia, dalam sidang tahunannya di Istambul Turki pada tahun 1978 (23 tahun yang lalu), telah menghasilkan sebuah kesepakatan, yakni: ditetapkannya Makkah Al-Mukarramah sebagai Pusat Penentuan Hari Wukuf dan Idul Adha.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.