Header Ads


Sulaman Rumit a la Pakistan

Sumber: https://www.emel.com/article?id=109&a_id=2898

Sulaman yang rumit dan kerajinan permata yang halus adalah suatu keterampilan yang pasti dikuasai oleh Pakistan. Fatema Zehra membawa Farkhanda Mohiyuddin melalui beberapa desain indah ini.

Sulaman adalah kerajinan menghias kain atau bahan lainnya dengan menggunakan jarum untuk mengaplikasikan benang. Sulaman juga dapat memasukkan bahan lain seperti mutiara, manik-manik, bulu, dan payet. Di zaman modern, sulaman biasanya terlihat pada topi, mantel, lapisan, selimut, kemeja berpakaian, denim, gaun, stoking, syal, dan kemeja golf.

Ada banyak jenis sulaman tangan yang berbeda di seluruh dunia. Beberapa teknik sulaman tangan dasar adalah jahitan rantai, jahitan lubang kancing atau jahitan selimut, jahitan lari, jahitan satin, dan jahitan silang. Jahitan-jahitan ini tetap menjadi teknik dasar sulaman tangan hingga saat ini.

Selain jahitan sulaman biasa, sulaman tangan dikategorikan menurut cara mereka dilakukan, menjadi 4-5 kategori, meliputi: pekerjaan terbuka, pekerjaan benang terhitung, pekerjaan garis besar & pekerjaan kosong dan kemudian pekerjaan berwarna dan pekerjaan sulaman regional.

Mereka kemudian dicampur, disilangkan, digabungkan, dan digabungkan untuk membuat desain sulaman yang spektakuler. Ada banyak nama untuk teknik sulaman yang berbeda di seluruh dunia seperti Pekerjaan Terbuka, Pekerjaan Benang Terhitung, Pekerjaan Garis Besar, Pekerjaan Kosong, Pekerjaan Dinaikkan dan lain-lain.

Pekerjaan Terbuka melibatkan pekerjaan di mana benang ditarik dari kain, dan benang yang tersisa diikat dengan banyak pola yang berbeda meninggalkan ruang terbuka di kain yang membentuk pola / desain tersendiri. Sulaman benang tarik, sulaman benang tarik dan cutwork adalah contoh dari semua pekerjaan terbuka.

Pekerjaan Benang Terhitung melibatkan menghitung benang dalam kain untuk setiap jahitan sehingga terbentuk jahitan simetris. Cross stitch adalah salah satu teknik sulaman benang terhitung yang paling populer; Blackwork adalah salah satunya.

Pekerjaan Garis Besar melibatkan menggambar garis besar desain dengan jahitan tertentu seperti jahitan rantai atau jahitan belakang. Pekerjaan Kosong melibatkan membuat pola dengan memotong bagian dari kain dan menjahit tepiannya dengan jahitan tertentu.

Sulaman juga bisa menjadi seni rakyat dengan menggunakan bahan yang dapat diakses oleh non-profesional. Sulaman pakaian yang rumit, benda-benda keagamaan dan barang-barang rumah tangga seringkali dianggap sebagai tanda kekayaan dan status. Demikianlah ulasan singkat tentang kerajinan sulaman yang rumit dan kerajinan permata halus dari Pakistan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.