Header Ads


Penemuan Baru: Sumber Gunung Berapi Turki Terletak Jauh di Luar Negeri

Ilustrasi para peneliti yang mengamati gunung berapi


Sumber mengejutkan dari gunung berapi di Turki ternyata terletak lebih dari 1.000 mil jauhnya. Para ilmuwan telah lama bertanya-tanya bagaimana gunung berapi terbentuk di Anatolia tengah meskipun jauh dari perbatasan lempeng tektonik - sekarang mereka menemukan bukti adanya aliran magma panas dari Afrika Timur.

Para peneliti menggabungkan petunjuk seismik dan geokimia untuk mempelajari suhu dan profil mantel di bawah Anatolia timur. Pencitraan seismik menunjukkan saluran di mana gelombang melambat - menunjukkan suhu yang lebih tinggi dan mantel yang sebagian meleleh - sekitar 60 hingga 90 kaki dalam di wilayah interior planet yang dikenal sebagai asthenosfer.

Para peneliti kemudian melihat isotop kimia dalam sampel basal yang diambil dari situs-situs di sepanjang rute saluran 1.250 mil antara Afrika Timur dan Turki. Dengan data dari 1.004 sampel batuan, mereka menemukan tumpang tindih jejak isotop stronsium, neodimium, dan timbal yang menunjukkan asal yang sama.

Tim tersebut juga melacak sumber aliran magma ini: East African Rift, serangkaian retakan di kerak bumi lebih dari 1.250 mil jauhnya. Temuan ini menunjukkan plume batu cair yang naik dalam retakan, di mana lempeng Afrika terpecah, mendorong saluran magma horizontal, yang hampir tidak mendingin saat bepergian di bawah tanah dan memberi makan gunung berapi di sepanjang jalurnya.

Penemuan ini mengejutkan para ilmuwan karena menunjukkan bahwa plume magma dapat bepergian secara horizontal dengan cepat dan jarak jauh di bawah lempeng tektonik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.