Header Ads


Status Sosial Ekonomi Ketahuan dari Sosmed Anda?

Ilustrasi pengguna sosial media

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Queen Mary University of London menunjukkan bahwa aktivitas online pengguna dapat memprediksi status sosial ekonomi mereka. 
Dengan menganalisis 2,6 juta postingan di situs jejaring sosial Nextdoor, para ilmuwan mampu memprediksi pendapatan pengguna dengan akurat hanya dengan menggunakan konten postingan mereka.

Penemuan ini menunjukkan bahwa aktivitas online kita secara keseluruhan, tidak hanya di Nextdoor, mungkin memberikan wawasan tentang posisi sosial ekonomi kita, memungkinkan untuk profil pengguna. Pengetahuan tentang pendapatan pengguna dapat membuka jalan bagi platform media sosial untuk menyarankan konten yang sesuai dengan tingkat pendapatan pengguna.

Selain itu, pengiklan dan bisnis e-commerce dapat memanfaatkan profil ekonomi ini untuk menargetkan konsumen secara lebih efektif, mempromosikan produk tertentu dengan harga bervariasi sesuai dengan tingkat pendapatan pengguna.

Studi ini juga menyoroti perbedaan regional dalam diskusi kejahatan, dengan daerah terkaya di AS dan Inggris berbicara lebih banyak tentang kejahatan, meskipun tingkat kejahatan aktual lebih rendah, dan diskusi di AS lebih condong pada senjata dan kejahatan kekerasan.

Dr. Ignacio Castro, peneliti utama dan Dosen Analitik Data di Queen Mary University of London, sebagaimana dikutip oleh scitechdaily mengatakan,

“Studi kami menunjukkan bahwa teks yang diposting oleh pengguna di daerah miskin dapat dibedakan dari teks yang dihasilkan di daerah yang lebih kaya. Di daerah yang lebih kaya, ada lebih banyak aktivitas posting yang sensitif terhadap kejahatan, tetapi secara keseluruhan, sentimen yang lebih positif dalam postingan”.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.