Header Ads


Al-Khwarizmi, Kakek Ilmu Komputer Dunia

Ilustrasi wajah Al-Khwarizmi


Kehidupan awal:

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi adalah seorang matematikawan Persia, astronom, ahli geografi astrolog, dan seorang sarjana di Rumah Kebijaksanaan di Baghdad. Ia lahir di Persia pada waktu itu sekitar tahun 780. Al-Khwarizmi adalah salah satu orang terpelajar yang bekerja di Baitul Hikmah. Al-Khwarizmi berkembang saat bekerja sebagai anggota Baitul Hikmah di Baghdad di bawah kepemimpinan Khalifah al-Mamun, putra Khalif Harun al-Rashid, yang menjadi terkenal di Arabian Nights. House of Wisdom adalah pusat penelitian dan pengajaran ilmiah.


Kontribusi dan Pencapaian:

Al-Khwarizmi mengembangkan konsep algoritma dalam matematika (yang merupakan alasan mengapa ia disebut kakek ilmu komputer oleh beberapa orang).

Aljabar Al-Khwarizmi dianggap sebagai dasar dan landasan ilmu. Kepada al-Khwarizmi kita berutang "aljabar" kepada dunia, dari judul karya matematika terbesarnya, Hisab al-Jabr wa-al-Muqabala. Buku itu, yang dua kali diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, oleh Gerard dari Cremona dan Robert dari Chester pada abad ke-12, mengerjakan beberapa ratus persamaan kuadrat sederhana dengan analisis dan contoh geometris. Ini juga memiliki bagian substansial tentang metode membagi warisan dan survei bidang tanah. Hal ini terutama berkaitan dengan metode untuk memecahkan masalah komputasi praktis daripada aljabar seperti istilah yang sekarang dipahami.

Al-Khwarizmi membatasi pembahasannya pada persamaan derajat pertama dan kedua. Dia juga menulis sebuah karya penting tentang astronomi, meliputi kalender, menghitung posisi akurat matahari, bulan, dan planet, tabel sinus dan garis singgung, astronomi bola, tabel astrologi, paralaks, dan perhitungan gerhana, dan visibilitas bulan. Karya astronominya, Zij al-sindhind, juga didasarkan pada karya ilmuwan lain. Seperti halnya Aljabar, minat utamanya adalah karya Arab paling awal yang masih ada dalam bahasa Arab.

Karyanya yang paling dikenal, seperti yang disebutkan di atas dan yang dinamai menurut namanya, adalah konsep matematika Algoritma. Arti modern dari kata tersebut berkaitan dengan praktik khusus untuk memecahkan masalah tertentu. Saat ini, orang menggunakan algoritma untuk melakukan penjumlahan dan pembagian panjang, prinsip-prinsip yang ditemukan dalam teks al-khwarizmi yang ditulis sekitar 1200 tahun yang lalu. Al-Khwarizmi juga bertanggung jawab untuk memperkenalkan angka-angka Arab ke Barat, menggerakkan sebuah proses yang mengarah pada penggunaan sembilan angka Arab, bersama dengan tanda nol.

Yang sangat penting juga adalah kontribusi al-Khwarizmi terhadap geografi abad pertengahan. Dia mensistematisasikan dan mengoreksi penelitian Ptolemeus dalam geografi, menggunakan temuan aslinya yang berjudul Surat al-Ard (Bentuk Bumi). Teks ada dalam naskah; sayangnya peta-peta itu tidak dilestarikan, meskipun para sarjana modern telah mampu merekonstruksinya dari deskripsi al-Khwarizmi. Dia mengawasi pekerjaan 70 ahli geografi untuk membuat peta "dunia yang dikenal" saat itu. Ketika karyanya dikenal di Eropa melalui terjemahan Latin, pengaruhnya membuat tanda permanen pada perkembangan ilmu pengetahuan di Barat.

Al-Khwarizmi membuat beberapa perbaikan signifikan pada teori dan konstruksi jam matahari, yang ia warisi dari pendahulunya yang berasal dari India dan Helenistik. Dia membuat tabel untuk instrumen ini, yang sangat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk perhitungan tertentu. Jam mataharinya bersifat universal dan dapat diamati dari mana saja di Bumi. Sejak saat itu, jam matahari sering ditempatkan di masjid untuk menentukan waktu sholat. Kotak bayangan, instrumen yang digunakan untuk menentukan ketinggian linier suatu objek, dalam hubungannya dengan alidade untuk pengamatan sudut, juga ditemukan oleh al-Khwarizmi di Baghdad abad kesembilan.

Sementara kontribusinya yang signifikan dihasilkan dari penelitian asli, ia melakukan banyak hal untuk mensintesis pengetahuan yang ada di bidang ini dari sumber-sumber Yunani, India, dan lainnya. Al-Khwarizmi menulis beberapa karya kecil tentang topik-topik seperti astrolabe, yang ditulisnya pada kalender Yahudi. Dia juga menulis sejarah politik yang berisi horoskop orang-orang terkemuka.


Kematian:

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi meninggal pada c. 850 dikenang sebagai salah satu pemikir ilmiah paling berpengaruh dari budaya Islam awal.


Sumber: https://www.famousscientists.org/muhammad-ibn-musa-al-khwarizmi/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.