Header Ads


Misi Bulan NASA: Pemasangan Perisai Panas Orion Artemis II

Ilustrasi dari pesawat ruang angkasa Orion milik NASA yang memasuki kembali atmosfer Bumi


Pada tanggal 25 Juni 2023 sebagaimana diwartakan oleh scitechdaily.com, tim menyelesaikan pemasangan perisai panas untuk pesawat Orion Artemis II di dalam gedung Neil Armstrong Operations and Checkout di Kennedy Space Center milik NASA di Florida. Perisai panas berdiameter 16,5 kaki ini merupakan salah satu sistem terpenting pada pesawat Orion yang memastikan keselamatan para astronot di dalamnya.

Ketika pesawat kembali ke Bumi setelah misi di sekitar Bulan, ia akan bergerak dengan kecepatan sekitar 25.000 mph dan mengalami suhu luar hingga hampir 5.000 derajat Fahrenheit. Namun, di dalam pesawat, para astronot akan merasakan suhu yang jauh lebih nyaman di pertengahan 70-an berkat sistem perlindungan termal Orion.

Selanjutnya, pesawat akan dilengkapi dengan beberapa panel eksternalnya menjelang pengujian akustik pada musim panas nanti. Pengujian ini akan memvalidasi modul kru dapat menahan getaran yang akan dialaminya sepanjang misi Artemis II, selama peluncuran, penerbangan, dan pendaratan. Setelah pengujian akustik selesai, teknisi akan memasang modul kru ke modul layanan Orion, menandai tonggak sejarah besar bagi misi Artemis II, misi pertama dengan astronot di bawah Artemis yang akan menguji dan memeriksa semua sistem Orion yang diperlukan untuk misi berawak di masa depan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.