Header Ads


On This Day, 24 Juli

Ilustrasi arkeolog di kota kuno


IndonesiaNeo.com --- Berikut ini adalah daftar 10 peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 24 Juli di Indonesia, Timur Tengah dan dunia:

  1. 1825 - Kabupaten Wonosobo didirikan oleh Pangeran Diponegoro dengan bupati pertama KRT. Seconegoro. Peristiwa ini merupakan bagian dari Perang Diponegoro (1825-1830) yang melawan penjajahan Belanda. Kabupaten Wonosobo menjadi salah satu basis perjuangan Diponegoro dan juga pusat pemerintahan Kesultanan Yogyakarta di Jawa Tengah. Kabupaten Wonosobo memiliki luas wilayah 984,68 km2 dan berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa. 
  2. 1911 - Arkeolog Hiram Bingham III menemukan kota Inca kuno Machu Picchu. Machu Picchu adalah sebuah situs arkeologi yang terletak di pegunungan Andes di Peru, Amerika Selatan. Kota ini dibangun pada abad ke-15 oleh bangsa Inca sebagai tempat suci dan benteng pertahanan. Kota ini ditinggalkan oleh bangsa Inca setelah invasi Spanyol pada abad ke-16 dan baru ditemukan kembali oleh Bingham pada tahun 1911. Machu Picchu merupakan salah satu warisan dunia UNESCO dan salah satu tujuh keajaiban dunia modern. 
  3. 1955 - Ali Sastroamidjojo mewakili Kabinet Ali-Wongso menyerahkan mandat kepada Presiden Soekarno setelah konflik berkepanjangan dalam tubuh TNI AD. Kabinet Ali-Wongso adalah kabinet Indonesia yang dibentuk pada tanggal 30 Juli 1953 oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo dan Wakil Perdana Menteri Wongsoatmodjo. Kabinet ini mengalami krisis politik akibat perselisihan antara fraksi Nasionalis dan fraksi Sosialis dalam parlemen, serta adanya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan Sulawesi Selatan yang mengancam keamanan negara. Kabinet ini akhirnya mengundurkan diri pada tanggal 24 Juli 1955 setelah mendapat mosi tidak percaya dari DPR dan diserahkan kepada Presiden Soekarno untuk membentuk kabinet baru.  
  4. 1977 - Berakhirnya Perang Libya-Mesir. Perang Libya-Mesir adalah sebuah konflik bersenjata yang terjadi antara Libya dan Mesir pada tanggal 21-24 Juli 1977. Perang ini dipicu oleh ketegangan politik dan ideologis antara pemimpin Libya Muammar al-Gaddafi dan pemimpin Mesir Anwar Sadat, terutama terkait dengan isu-isu Arab-Israel, Islamisme, dan Pan-Arabisme. Perang ini berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi oleh Organisasi Kesatuan Afrika (OAU) dan Liga Arab, tanpa ada perubahan signifikan dalam status quo wilayah kedua negara.  
  5. 1981 - Buya Hamka, ulama, sastrawan, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia pertama wafat (l. 1908). Buya Hamka adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai ulama, sastrawan, sejarawan, politisi, dan aktivis sosial. Ia lahir dengan nama Haji Abdul Malik Karim Amrullah di Maninjau, Sumatera Barat pada tanggal 17 Februari 1908 dari keluarga ulama Minangkabau. Ia belajar agama Islam dari ayahnya dan juga dari beberapa ulama lainnya di Sumatera Barat, Jawa, Mekkah, dan Mesir. Ia juga menulis banyak karya sastra, seperti novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Di Bawah Lindungan Ka'bah, dan Merantau ke Deli, serta karya-karya ilmiah, seperti Sejarah Umat Islam, Falsafah Hidup, dan Tafsir Al-Azhar. Ia juga menjadi pendiri dan pemimpin redaksi majalah Islam Panji Masyarakat, serta menjadi anggota DPR-GR dan MPRS. Ia juga menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama sejak tahun 1975 hingga wafatnya pada tanggal 24 Juli 1981 di Jakarta.  
  6. 1990 - Tahun Baru Hijriyah 1411. Tahun Baru Hijriyah adalah hari pertama dalam kalender Islam yang berdasarkan pada perhitungan bulan (lunar). Tahun Baru Hijriyah ditandai dengan perpindahan bulan dari Dzulhijjah ke Muharram. Tahun Baru Hijriyah 1411 jatuh pada tanggal 24 Juli 1990 dalam kalender Masehi. Tahun Baru Hijriyah merupakan hari yang penting bagi umat Islam, karena mengingatkan akan hijrah atau perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, yang menjadi awal perhitungan tahun Islam. Tahun Baru Hijriyah biasanya dirayakan dengan doa, zikir, dan muhasabah atau introspeksi diri.  
  7. 2011 - Tanggal 24 Juli diperingati sebagai Hari Perawatan Diri Internasional sejak tahun 2011. Hari Perawatan Diri Internasional adalah sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap pentingnya perawatan diri bagi kesehatan dan kesejahteraan individu dan masyarakat. Hari Perawatan Diri Internasional diperingati setiap tanggal 24 Juli sejak tahun 2011 oleh International Self-Care Foundation (ISF), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris. Hari Perawatan Diri Internasional mengajak masyarakat untuk melakukan tujuh pilar perawatan diri, yaitu: pengetahuan kesehatan, keterampilan kesehatan, perilaku kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini penyakit, pengobatan sendiri, dan penggunaan layanan kesehatan.  
  8. 2018 - Setelah memperkenalkan proyek pelestarian, tiga anak bison lahir di Taman Nasional Banff di Alberta, Kanada. Sudah 140 tahun sejak bison lahir di alam liar. Bison adalah sejenis hewan mamalia besar yang hidup di padang rumput Amerika Utara. Bison merupakan salah satu simbol nasional Kanada dan Amerika Serikat, serta memiliki nilai budaya dan spiritual bagi banyak suku asli Amerika. Namun, bison mengalami penurunan populasi yang drastis akibat perburuan dan penyakit pada abad ke-19 dan ke-20. Untuk melestarikan spesies ini, pemerintah Kanada melakukan proyek reintroduksi bison di Taman Nasional Banff pada tahun 2017 dengan membawa 16 ekor bison dari Elk Island National Park ke daerah terpencil di Banff. Proyek ini berhasil mengembalikan bison ke habitat aslinya setelah lebih dari satu abad tidak ada di sana. Pada tahun 2018, tiga anak bison lahir di Banff sebagai generasi pertama bison liar di tempat itu sejak 140 tahun lalu.  
  9. 2018 - Pemimpin oposisi populer Imran Khan memenangkan pemilihan umum di Pakistan dan menjadi Perdana Menteri Pakistan. Imran Khan adalah seorang politisi, aktivis sosial, dan mantan pemain kriket Pakistan yang menjadi Perdana Menteri Pakistan sejak tahun 2018. Ia lahir pada tanggal 5 Oktober 1952 di Lahore dan berkarier sebagai pemain kriket profesional selama dua dekade. Ia memimpin tim nasional Pakistan meraih Piala Dunia Kriket pada tahun 1992 dan menjadi salah satu pemain kriket terbaik sepanjang sejarah.
  10. 2019 - Ribuan orang di Puerto Rico melakukan protes besar-besaran menuntut pengunduran diri Gubernur Ricardo Rosselló setelah dituntut atas dugaan korupsi. Ricardo Rosselló adalah seorang politisi Puerto Rico yang menjabat sebagai gubernur pulau itu dari tahun 2017 hingga 2019. Ia mengundurkan diri pada tanggal 2 Agustus 2019 setelah menghadapi gelombang protes yang dipicu oleh bocornya percakapan pribadi antara Rosselló dan stafnya di aplikasi Telegram. Percakapan tersebut berisi bahasa kasar, seksis, homofobik, dan melecehkan terhadap berbagai pihak, termasuk korban badai Maria, politisi oposisi, aktivis, dan selebriti. Percakapan tersebut juga menunjukkan adanya jaringan troll internet yang dioperasikan oleh pemerintahan Rosselló untuk mempengaruhi opini publik. Selain itu, Rosselló juga diduga terlibat dalam kasus korupsi yang melibatkan pejabat dan kontraktor pemerintah. Protes menuntut pengunduran diri Rosselló berlangsung selama dua minggu di berbagai kota Puerto Rico, dengan jumlah peserta mencapai ratusan ribu orang. Protes ini merupakan salah satu gerakan sosial terbesar dalam sejarah Puerto Rico. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.