Header Ads


Krisis Oksigen



SITUASI Covid-19 di Indonesia memecahkan rekor lagi. Rabu (7/7) kemarin, menyentuh rekor tertinggi dengan 34.379 kasus. Dari angka tersebut, kasus terbanyak terjadi di DKI Jakarta.


Oleh: Abu Syah Jihad FS*)




SEMENTARA Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta menyumbang angka kematian terbanyak. Kini total sudah 2.379.397 orang terinfeksi Covid-19.

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta pada Rabu, menyumbang rekor tertinggi yakni 9.366 kasus. Paling miris terjadi pada angka kematian. Dalam sehari ada 1.040 jiwa.

Lebih tinggi dari Selasa (6/7) 728 jiwa. Senin (5/7) yakni 558 jiwa. Lebih tinggi dari Minggu (4/7) yakni 555 jiwa dalam sehari. Jumat (2) 539 jiwa meninggal dunia. Lalu Kamis (1/7) sebanyak 504 jiwa.

Sementara Sultra, kasus positif 119 orang. Tambahannya dari  Kendari (29 kasus), Baubau (47 kasus), Konawe (23 kasus), Bombana (3 kasus), Wakatobi (1 kasus), Kolaka Utara (6 kasus), Konawe Selatan (2 kasus), dan Kolaka Timur (8 kasus).

Angka kematian juga mencapai rekor tertinggi selama pandemi seiring dengan angka ketersediaan tempat tidur (BOR) di RS yang semakin penuh. Apalagi ditambah dengan semakin krisisnya oksigen di Indonesia.

Jawa Tengah mencatatkan kematian rekor paling tinggi sebanyak 480 jiwa dalam sehari. Kemarin, Selasa (6/7) 232 jiwa sehari.  Lalu DKI Jakarta 142 jiwa. Jawa Timur 155 jiwa.

Angka kematian tak bisa dibendung sebab pasien sulit mendapatkan layanan fasilitas kesehatan karena BOR RS kian penuh. Apalagi saat ini tantangannya semakin kritis dengan langkanya pasokan oksigen di sejumlah RS salah satunya yang terbaru adalah di RS dr. Sardjito Jogjakarta.

Kasus aktif juga naik drastis yakni 18.504 kasus. Jumlah pasien aktif kini sebanyak 343.101 orang. Tercatat ada 199.143 spesimen yang diperiksa. Dan ada total 141.957 orang yang diperiksa dengan metode TCM, PCR, dan antigen. Angka positivity rate mencapai 24,22 persen.

Sebaran positif harian tertinggi terjadi di DKI Jakarta 9.366 kasus. Jawa Barat 8.591 kasus. Jawa Tengah 3.823 kasus. Jawa Timur 2.548 kasus. Jogjakarta 1.370 kasus.

Pasien sembuh harian bertambah 14.835 orang. Paling banyak kasus sembuh terjadi di Jawa Barat sebanyak 3.705 orang. Dan total angka kesembuhan saat ini sebanyak 1.973.388 orang.

Sudah 510 kabupaten kota terdampak Covid-19. Tak ada provinsi di bawah 10 kasus. Dan tak ada satupun provinsi dengan nol kasus.


Indonesia Krisis Oksigen

Berdasarkan data Kemenkes, saat ini total kebutuhan oksigen untuk perawatan intensif dan isolasi pasien Covid-19 mencapai 1.928 ton/hari, sementara kapasitas yang tersedia ada 2.262 ton/hari. Dengan demikian, ditargetkan untuk wilayah Jawa-Bali bisa mensuplai oksigen sebanyak 2.262 ton/hari.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan penyebab terjadinya kelangkaan stok oksigen di beberapa daerah disebabkan rantai distribusi yang belum optimal. Untuk itu, pemerintah mengupayakan agar penyaluran ke daerah-daerah yang kasusnya tinggi lebih dipercepat.

“Kami menyadari ada isu terkait distribusi. Karena memang di Jawa Tengah adalah daerah paling sedikit produksi oksigennya, paling banyak di Jawa Barat dan Jawa Timur, jadi kita harus ada logistik yang disalurkan ke sana,” katanya dilansir JawaPos.Com.

Menkes juga menambahkan, kesulitan lain yang dihadapi dalam proses distribusi oksigen adalah kurang liquidnya proses pengisian oksigen. Hal ini disebabkan karena banyaknya RS yang menggunakan tabung, seiring dengan penambahan Tempat Tidur (TT) darurat, sehingga yang harusnya bisa dikirimkan dalam truk besar dan dipindahkan ke tanki besar, untuk kemudian disalurkan dalam jaringan oksigen, namun untuk saat ini harus dimasukkan ke dalam tabung-tabung.

Menurutnya, hal ini turut mempengaruhi waktu pengisian oksigen. Untuk memenuhi ruang-ruang perawatan darurat di RS, Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian untuk melakukan impor tabung oksigen 6 meter kubik dan 1 meter kubik dalam waktu dekat ini.

Jubir Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman SpPD mengatakan terkait tren kenaikan penderita Covid-19 dia mengharapkan kepada maasyarakat untuk menerapkan Prokes secara ketat. Jaga diri dan keluarga. "Jika aktivitas tidak penting jangan keluar rumah," ujar Kepala RSUD Kota Baubau ini melalui video seruannya.


Keagungan Islam

Dalam kurun 10 tahun ini, bangsa Spanyol berusaha menghidupkan kebanggaan sejarah mereka yang berakar dari kejayaan Khilafah Islamiyah. Maka mereka membuat dan merestorasi banyak patung patung tokoh ilmuan Islam.

Ada cerita menarik dari patung ahli bedah muslim yang juga ulama ini, seorang sejarawan Prancis Van Brussel merilis sebuah surat lama seorang pasien Perancis yang sempat dirawat dirumah sakit yang didirikan oleh ahli bedah Al Ghafiqi:

Ini adalah surat seorang pemuda Prancis yang dirawat di rumah sakit Qurtubah (Cordoba) selama pemerintahan Islam  khilafah Umayyah di Andalusia, yang dikirimkan kepada ayahnya di Paris sekitar seribu tahun yang lalu. Saya terjemahkan apa adanya:

Dan ini isi pesannya:

"Ayahku....."

"...Ayah menyebutkan dalam surat bahwa ayah akan mengirimi saya sejumlah uang untuk digunakan untuk pengobatan saya, tetapi saya tidak membutuhkan uang itu sama sekali; Karena pengobatan di RS Islam ini gratis, bahkan RS membayar 5 dinar untuk setiap pasien yang sudah sembuh, dan baju baru saat keluar dari RS agar pasien yang baru sembuh tidak dibebani oleh urusan mata pencaharian selama periode pemulihan..."

"Ayahku..."

"....Jika ayah datang mengunjungi saya, Ayah akan menemukan saya di departemen bedah dan perawatan sendi, dan di sebelah kamar saya ayah akan melihat perpustakaan dan salon membaca dan ruang kuliah, di mana dokter bertemu setiap hari untuk mendengarkan kuliah para profesor...."

"Sedangkan untuk bagian penyakit kewanitaan terletak di sisi kedua halaman rumah sakit, dan laki-laki tidak diperbolehkan masuk. Di sisi kanan halaman ayah akan menemukan salon besar yang didedikasikan untuk pasien yang telah sembuh; Di mana mereka pulih, salon berisi perpustakaan pribadi dan alat musik...."

"..Ayahku...."

"...Setiap titik dan setiap tempat di rumah sakit ini sangat bersih, kasur dan bantal tempat tidur ditutupi dengan kain damaskus putih, dan selimutnya terbuat dari beludru yang lembut dan menyenangkan.

"...Semua kamar rumah sakit dilengkapi dengan air bersih yang mencapai kamar kamar itu melalui pipa khusus, dan di setiap kamar air itu dipanaskan selama musim dingin..."

"Sedangkan untuk makanannya terdiri dari daging ayam dan sayuran, sehingga beberapa pasien tidak mau keluar rumah untuk mencari makanan yang enak...."

Demikian disarikan dalam Kitab Supremasi Keilmuan Peradaban Islam oleh Amir (Pangeran Qurtubah) Jaafar Al-Arsahdy).

Insyaallah, ketika Islam diterapkan persoalan krisis oksigen tidak akan terjadi. Negara akan hadir meriayah umat secara maksimal. Wallahualam bissawab.(**)


*)Khadim Majelis Nafsiyah Islamiyah (MNI) Kepulauan Buton (Kepton)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.