Header Ads


Peta Kebebasan Ekonomi pada Tahun 2023


'Mapped: The State of Economic Freedom in 2023' adalah sebuah artikel yang diterbitkan oleh Visual Capitalist pada tanggal 6 Juni 2023. Artikel ini menjelaskan tentang konsep kebebasan ekonomi sebagai kerangka penting untuk mengevaluasi sejauh mana individu dan bisnis memiliki kebebasan untuk membuat keputusan ekonomi.

Artikel ini menggunakan Indeks Kemerdekaan Ekonomi tahunan dari Heritage Foundation untuk menunjukkan tingkat kebebasan ekonomi di setiap negara di seluruh dunia dengan skala 0-100, dengan melihat faktor-faktor seperti hak milik, beban pajak, kebebasan tenaga kerja, dan lain-lain. Peringkat ini mengkategorikan skor 80+ sebagai ekonomi bebas, 70-79,9 sebagai sebagian besar bebas, 60-69,9 sebagai sedang bebas, 50-59,9 sebagai sebagian besar tidak bebas, dan 0-49,9 sebagai tertekan.

Peringkat ini menggunakan empat kategori luas dengan tiga indikator utama masing-masing, baik kualitatif maupun kuantitatif, untuk mengukur kebebasan ekonomi. Aturan hukum: hak milik, efektivitas peradilan, integritas pemerintah. Ukuran pemerintah: beban pajak, kesehatan fiskal, pengeluaran pemerintah. Efisiensi regulasi: kebebasan tenaga kerja, kebebasan moneter, kebebasan bisnis. Pasar terbuka: kebebasan finansial, kebebasan perdagangan, kebebasan investasi. Ke-12 indikator tersebut diberi bobot sama dan dinilai dari 0-100. Skor keseluruhan kemudian ditentukan dari rata-rata dari 12 indikator tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.