Header Ads


Putin Mengakui Mendanai Penuh Kelompok Tentara Bayaran Wagner

Kelompok tentara bayaran Wagner (Sumber: www.bbc.com)


Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow telah sepenuhnya mendanai kelompok tentara bayaran Wagner, yang minggu lalu melakukan pemberontakan yang gagal. Putin mengatakan bahwa kelompok Wagner sepenuhnya bergantung pada dukungan negara. Pejuang perusahaan militer swasta ini diberi perlengkapan dan dibayar oleh Kementerian Pertahanan dan anggaran negara.

Pemberontakan Wagner yang gagal ini mengguncang Rusia. Pada hari Sabtu, pasukan tentara bayaran yang dipimpin oleh bos Wagner Yevgeny Prigozhin mengambil alih kota Rostov-on-Don di selatan Rusia, berbaris ke Moskow dan menembak jatuh helikopter militer Rusia dan pesawat dalam perjalanan mereka. Pemberontakan mereka kemudian dibatalkan setelah kesepakatan dicapai dengan bantuan pemimpin Belarus Alexander Lukashenko.

Menurut kesepakatan tersebut, Prigozhin seharusnya menuju ke Belarus. Jet pribadi, yang terkait dengan Prigozhin, mendarat di ibu kota Minsk pada Selasa pagi. Belum jelas apakah dia ada di dalam pesawat itu, dan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa dia tidak memiliki informasi tentang keberadaan Prigozhin.

Sementara itu, pasukan keamanan FSB juga mengumumkan bahwa kasus terhadap pejuang Wagner - yang menghadapi dakwaan pemberontakan bersenjata - sekarang ditutup karena para pemberontak telah berhenti sebelum benar-benar melakukan kejahatan. Pejuang mereka dapat bergabung dengan tentara reguler, pulang ke rumah atau menuju ke Belarus, kata Presiden Rusia Vladimir Putin, menambahkan bahwa para pejuang sebagian besar adalah "patriot" yang disesatkan ke dalam petualangan kriminal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.