Header Ads


Asal Usul Kehidupan - Bagaimana Protein Primordial Terbentuk di Bumi Pra-Biotik?

Ilustrasi protein


IndonesiaNeo.com -- Peneliti dari Universitas Tohoku menemukan bahwa asam borat dapat mengkatalisasi pembentukan peptida panjang di bawah kondisi netral dan asam, yang menentang teori sebelumnya bahwa kondisi alkalin adalah yang ideal. 

Penemuan mineral yang mengandung boron dalam jumlah besar di bebatuan bumi kuno lebih lanjut mendukung potensi lingkungan netral yang kaya boron untuk sintesis protein di Bumi pra-biotik.

Untuk membuat penemuan ini, mereka menguapkan larutan asam amino yang mengandung asam borat dan menemukan bahwa asam borat memfasilitasi pembentukan polipeptida di lingkungan netral dan asam. 

Peptida terpanjang yang terbentuk dalam percobaan adalah polipeptida glikin 39 monomer panjang di bawah kondisi netral. 

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa lingkungan penguapan yang sangat alkalin berfungsi sebagai tempat untuk sintesis protein kuno, menghasilkan peptida glikin hingga 20 monomer panjang.

Mineral yang mengandung boron telah ditemukan secara melimpah di beberapa batuan asal sedimen tertua yang ditemukan di bumi, yang berusia 3,8 miliar tahun. 

Temuan ini menunjukkan bahwa daerah pesisir benua kecil kuno dan pulau-pulau yang kaya asam borat secara spontan merakit asam amino, membentuk polipeptida dan proto-protein.

"Terbentuknya polipeptida dalam lingkungan netral memiliki arti penting dalam evolusi kimia asal usul kehidupan," kata penulis utama Yoshihiro Furukawa, seorang profesor di Universitas Tohoku, sebagaimana dikutip oleh scitechdaily.com (17/07/2023). 

Sementara RNA cukup stabil di bawah kondisi netral, mereka sangat tidak stabil di bawah kondisi alkalin. Boron telah diketahui membantu banyak langkah dalam sintesis ribonukleotida abiotik.

"Lingkungan penguapan netral yang kaya boron berfungsi sebagai tempat yang ideal untuk pembentukan dan interaksi antara dua polimer penting di Bumi pra-biotik," kata Furukawa. Kelompok penelitian ini sekarang sedang menyelidiki asam amino mana yang tergabung dalam proto-peptida di lingkungan ini. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.