Header Ads


Mencari Tanda-tanda Kehidupan di Mars: Penemuan Baru dari Rover Perseverance NASA

Ilustrasi planet Mars


IndonesiaNeo.com -- Dikutip dari scitechdaily.com (14/07/2023), mengenai penelitian baru yang menampilkan data dari rover Mars Perseverance NASA telah menemukan bukti yang menunjukkan adanya bahan organik di permukaan Mars, yang memberikan wawasan penting tentang sejarah Mars dan potensinya untuk mendukung kehidupan. Penelitian ini, yang dipimpin oleh tim ilmuwan yang termasuk astrobiolog Amy Williams dari Universitas Florida, baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Nature.

Para ilmuwan telah lama didorong oleh kemungkinan menemukan karbon organik di Mars, dan meskipun misi sebelumnya memberikan wawasan yang berharga, penelitian terbaru ini memperkenalkan baris bukti baru yang menambah pemahaman kita tentang Mars. Temuan tersebut menunjukkan adanya siklus geo-kimia organik yang lebih rumit di Mars daripada yang sebelumnya dipahami, menunjukkan adanya beberapa reservoir berbeda dari senyawa organik potensial.

Secara khusus, penelitian ini mendeteksi sinyal yang konsisten dengan molekul yang terkait dengan proses air, menunjukkan bahwa air mungkin telah memainkan peran kunci dalam berbagai macam bahan organik di Mars. Blok bangunan utama yang diperlukan untuk kehidupan mungkin bertahan di Mars untuk jangka waktu yang jauh lebih lama daripada yang sebelumnya dikira.

Amy Williams, seorang ahli dalam geo-kimia organik, telah berada di garis depan pencarian blok bangunan kehidupan di Mars. Sebagai ilmuwan partisipan dalam misi Perseverance, pekerjaan Williams berpusat pada pencarian bahan organik di Planet Merah. Dia bertujuan untuk mendeteksi lingkungan yang dapat dihuni, mencari bahan kehidupan potensial, dan mengungkap bukti kehidupan masa lalu di Mars.

Pada akhirnya, sampel yang dikumpulkan oleh Perseverance di lokasi akan dikirim kembali ke Bumi oleh misi masa depan, tetapi itu akan menjadi proses yang kompleks dan ambisius yang memakan waktu bertahun-tahun. "Deteksi potensial dari beberapa spesies karbon organik di Mars memiliki implikasi untuk memahami siklus karbon di Mars, dan potensi planet untuk menjadi tuan rumah bagi kehidupan sepanjang sejarahnya," kata Williams, seorang profesor asisten di Departemen Ilmu Geologi UF.

Bahan organik dapat terbentuk dari berbagai proses, tidak hanya yang terkait dengan kehidupan. Proses geologis dan reaksi kimia juga dapat membentuk molekul organik, dan proses ini disukai untuk asal usul organik Mars ini. Williams dan tim ilmuwan akan bekerja untuk lebih lanjut memeriksa sumber potensial dari molekul-molekul ini. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.