Header Ads


Helikopter Ingenuity NASA Mendarat di Mars, Sempat Hilang Kontak

Ilustrasi pesawat mendarat di suatu planet


Pada tanggal 2 Juli 2023, NASA mengumumkan bahwa Helikopter Mars Ingenuity telah menyelesaikan penerbangan ke-52 dengan sukses pada tanggal 26 April, meskipun menghadapi tantangan komunikasi yang menyebabkan hilangnya kontak saat helikopter mendarat. Kontak dengan helikopter berhasil dibangun kembali pada tanggal 28 Juni, setelah terjadi pemadaman sementara karena sebuah bukit yang menghalangi sinyal antara helikopter dan rover Perseverance.

Penerbangan ke-53 dijadwalkan dalam beberapa minggu mendatang untuk menjelajahi lebih jauh wilayah barat Mars. Rotorcraft yang berani ini mungkin akan terbang lagi dalam beberapa minggu ke depan. Penerbangan ke-52 dari Helikopter Mars Ingenuity NASA sekarang resmi menjadi sebuah misi yang sukses. Penerbangan itu terjadi pada tanggal 26 April, tetapi pengendali misi di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan kehilangan kontak dengan helikopter saat mendarat di permukaan.

Tim Ingenuity memperkirakan pemadaman komunikasi karena sebuah bukit berdiri di antara lokasi pendaratan helikopter dan posisi rover Perseverance, yang menghalangi komunikasi antara keduanya. Rover bertindak sebagai relay radio antara helikopter dan pengendali misi. Dalam antisipasi kehilangan komunikasi ini, tim Ingenuity telah mengembangkan rencana kontak ulang untuk saat rover kembali dalam jangkauan. Kontak dibangun kembali pada tanggal 28 Juni ketika Perseverance mencapai puncak bukit dan dapat melihat Ingenuity lagi.

Tujuan Penerbangan ke-52, penerbangan sejauh 363 meter (1.191 kaki) dan berlangsung selama 139 detik, adalah untuk memposisikan ulang helikopter dan mengambil gambar permukaan Mars untuk tim ilmuwan rover. "Bagian dari Kawah Jezero yang sedang dieksplorasi oleh rover dan helikopter memiliki banyak medan yang sulit, yang membuat pemadaman komunikasi lebih mungkin terjadi," kata Josh Anderson dari JPL, pimpinan tim Ingenuity sebagaimana dikutip scitechdaily.

"Tujuan tim adalah menjaga Ingenuity tetap di depan Perseverance, yang kadang-kadang melibatkan menembus batas komunikasi sementara. Kami senang kembali dalam jangkauan komunikasi dengan Ingenuity dan menerima konfirmasi Penerbangan ke-52".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.