Header Ads


Penemuan Menakjubkan: Ada Gen Pembelajaran dari 650 Juta Tahun yang Lalu?

Ilustrasi variasi genetik


IndonesiaNeo.com -- Dikutip dari ScienceDaily (14/07/2023), disebutkan bahwa gen untuk pembelajaran dan memori ternyata sudah ada sejak 650 juta tahun yang lalu. Hal ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Leicester (Inggris) dan University of Fribourg (Swiss) dalam sebuah studi yang diterbitkan di Nature Communications.

Menurut Dr. Roberto Feuda dari Neurogenetic group di Departemen Genetika dan Biologi Genom University of Leicester, gen yang dibutuhkan untuk pembelajaran, memori, agresi, dan perilaku kompleks lainnya berasal dari sekitar 650 juta tahun yang lalu. Penemuan ini menunjukkan bahwa gen yang terlibat dalam produksi, modulasi, dan penerimaan monoamin seperti serotonin, dopamin, dan adrenalin sudah ada sejak jauh sebelum manusia muncul di bumi.

Para peneliti menyarankan bahwa cara baru untuk memodulasi sirkuit saraf ini mungkin telah memainkan peran dalam Ledakan Kambrium yang dikenal sebagai Big Bang kehidupan. Ledakan Kambrium memberikan keberagaman terbesar bagi sebagian besar kelompok hewan utama yang hidup saat ini dengan memberikan fleksibilitas pada sirkuit saraf untuk memfasilitasi interaksi dengan lingkungan.

Penemuan ini akan membuka jalur penelitian baru yang akan menjelaskan asal-usul perilaku kompleks dan apakah neuron yang sama memodulasi hadiah, kecanduan, agresi, makanan, dan tidur.

Dengan demikian, gen untuk pembelajaran dan memori ternyata sudah ada sejak jauh sebelum manusia muncul di bumi. Penemuan ini menunjukkan betapa lama evolusi telah membentuk kemampuan kita untuk belajar dan mengingat informasi. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.