Header Ads


Perubahan Besar AI Google a la CEO Demis Hassabis

Ilustrasi Aritificial Intellegence


IndonesiaNeo.com -- Google telah menciptakan banyak teknologi inti AI, dan sekarang perusahaan tersebut beralih ke Demis Hassabis untuk kembali memimpin perlombaan AI untuk terobosan AI. 

Demis Hassabis adalah CEO dari Google DeepMind, divisi baru dari Google yang bertanggung jawab atas upaya AI di seluruh perusahaan.

Google DeepMind adalah hasil dari penggabungan internal: Google mengakuisisi startup DeepMind milik Demis pada tahun 2014 dan menjalankannya sebagai perusahaan terpisah di dalam perusahaan induknya, Alphabet, sementara Google sendiri memiliki tim AI bernama Google Brain. 

Google telah menunjukkan demo AI selama bertahun-tahun sekarang, tetapi dengan ledakan ChatGPT dan ancaman baru dari Microsoft dalam pencarian, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai membuat keputusan untuk membawa DeepMind ke dalam Google itu sendiri pada awal tahun ini untuk menciptakan ... Google DeepMind.

Yang menarik adalah bahwa Google Brain dan DeepMind tidak selalu kompatibel atau bahkan fokus pada hal yang sama: DeepMind terkenal karena menerapkan AI pada hal-hal seperti game dan simulasi pelipatan protein. 

AI yang mengalahkan juara dunia di Go, permainan papan kuno? Itu adalah AlphaGo milik DeepMind. Sementara itu, Google Brain lebih fokus pada apa yang telah menjadi toolkit AI generatif yang akrab: model bahasa besar untuk chatbot, fitur pengeditan di Google Photos, dan sebagainya.

Ini adalah benturan budaya dan keputusan struktur besar dengan tujuan menjadi lebih kompetitif dan lebih cepat ke pasar dengan produk AI. Dan persaingannya tidak hanya OpenAI dan Microsoft - Anda mungkin telah melihat memo dari seorang insinyur Google yang mengambang di web baru-baru ini yang mengklaim bahwa Google tidak memiliki parit kompetitif dalam AI karena model open-source yang berjalan pada perangkat keras komoditas berkembang pesat dan mengejar alat yang dikelola oleh raksasa. 

Demis sebagaimana dikutip oleh The Verge (11/07/2023) membenarkan bahwa memo itu nyata tetapi mengatakan itu adalah bagian dari budaya debat Google, dan dia tidak setuju dengannya karena dia memiliki ide lain tentang di mana keunggulan kompetitif Google mungkin masuk.

Tentu saja, kami juga membahas risiko AI dan terutama kecerdasan umum buatan. Demis tidak malu bahwa tujuannya adalah membangun AGI, dan kami membahas risiko dan regulasi apa yang harus ada dan pada jadwal apa. 

Demis baru-baru ini menandatangani pernyataan 22 kata tentang risiko AI dengan Sam Altman dari OpenAI dan lainnya yang hanya berbunyi, "Mengurangi risiko kepunahan dari AI harus menjadi prioritas global bersama risiko skala masyarakat lainnya seperti pandemi dan perang nuklir." Itu cukup santai, tetapi apakah itu risiko nyata saat ini? Atau hanya gangguan dari masalah lain yang lebih nyata seperti AI menggantikan sejumlah pekerjaan di berbagai industri kreatif? [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.