Header Ads


Luhut Dibalik Masuknya TKA Cina?

 Oleh: Funarno Juriadin P. 
(Ketua Gema Pembebasan Kota Baubau)


INDONESIAEO.COM - Penempatan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi patut dicurigai.

Pasalnya, Luhut terlalu memberikan hak istimewa kepada Cina untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal itu dikuatkan dengan keinginan dirinya agar tenaga kerja asing (TKA) Cina masuk lagi ke Indonesia selama pandemi Covid-19 mereda.

Belum lama ini, warga dan sebagian pemerintah Indonesia dikagetkan dengan rencana masuknya 500 TKA Cina melalui penerintah pusat di tengah pandemi Covid-19.

Hastag pemerintah untuk di rumah saja atau lockdown, seolah dibatalkan dengan masuknya 500 TKA Cina ke Sultra, tepatnya di Kota Kendari.

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman sudah menegaskan investasi Cina akan tetap berlanjut.

Dilansir dari Sindownews.com, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan investasi asal Cina di Indonesia masih terus berlanjut. Namun, kata dia, saat ini investor Cina memilih melakukan penjadwalan ulang (reschedule) seiring dengan masih masifnya penyebaraan virus corona (Covid-19).

"Akan ada reschedule tapi enggak ada satu proyek mundur dari Indonesia. Malah ada yang (investor Cina) nanya ke kami dalam keadaan sekarang. Jadi saya pikir enggak ada masalah," ujar Luhut di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Tidak hanya itu, Luhut juga minta TKA asal Cina untuk bisa segera kembali ke Indonesia.

Luhut bilang terhambatnya arus balik TKA Cina di Indonesia yang pulang saat imlek memberi dampak negatif ke perekonomian.

“Karena itu sedang kita excercise sekarang ini, apakah nanti pegawai pegawai Tiongkok yang manajer level yang bisa datang, masih dibolehkan datang ke Indonesia setelah mereka dikarantina dua minggu di Tiongkok," ucap Luhut di Ritz Carlton, Kamis (20/3/2020). tirto.id

Hal senada juga dimuat media antaranews.com, kalau investasi tetap jalan, tetapi tertunda karena banyak orang, terutama dari Tiongkok, yang tidak bisa datang.

"Yang sudah ada di sini sedikit ada penyesuaian schedule (jadwal). Tapi saya berharap dalam dua minggu ke depan sudah lebih baik," katanya dalam Rakornas Investasi 2020 di Jakarta, Kamis.

Rencanya, 500 TKA dari Cina bakal masuk ke Sulawesi Tenggara (Sultra). Mereka disebut akan bekerja di perusahaan pemurnian nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry di Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra.

Sebelumnya, Luhut sudah mendahului dengan melakukan lobi-lobi Bupati Konawe.

Kery mengatakan, dirinya mengingat  janji yang diucapkan oleh Luhut kepadanya.  Menurutnya, Luhut menjanjikan bantuan terkait kedatangan TKA Cina. Namun, ia mengaku hingga kini kompensasi yang dijanjikan belum juga dipenuhi.

"Menko Maritim (Luhut) katakan, 'sudah Ker, apa yang kau minta kami siapkan' tapi sampai sekarang kenyataannya juga belum ada, bagaimana kita ini?" kesalnya.

Selain itu, ia pun menyayangkan sikap perusahaan yang mempekerjakan TKA Cina karena enggan memberikan bantuan kepada warga di Bupati Konawe (wartaekonomi.co.id).

Seharunya, Luhut diseret ke meja hijau. Pasalnya, secara sosial ia diduga telah mengancam masyarakat dengan ketakutan ditengah merebaknya Covid-19.

Selain itu, Luhut ditengarai menggunakan kebijakannya terkesan seman-mena, tanpa memperhatikan nasib jutaan rakyat yang sedang kehilangan pekerjaan (PHK) dan dirumahkan.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.