Header Ads


On This Day, 22 Juli

Ilustrasi penerbangan solo


IndonesiaNeo.com --- Berikut adalah 10 peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 22 Juli di dunia:

  • 1298 - Pertempuran Falkirk: Terjadi di Falkirk, Skotlandia. Pertempuran ini melibatkan pasukan Skotlandia yang dipimpin oleh William Wallace melawan pasukan Inggris yang dipimpin oleh Raja Edward I. Meskipun pasukan Skotlandia dikalahkan, pertempuran ini memperkuat semangat nasionalisme Skotlandia.
  • 1796 - Amerigo Vespucci menemukan Pulau Malvinas (Kepulauan Falkland) di Samudra Atlantik Selatan. Penemuan ini memberikan dampak besar terhadap eksplorasi dan perairan di wilayah tersebut.
  • 1933 - Wiley Post menjadi orang pertama yang melakukan penerbangan solo seputar dunia. Penerbangannya ini memberikan kontribusi besar dalam pengembangan kekuatan dan keamanan penerbangan.
  • 1942 - Pembantaian Lidice: Terjadi di Lidice, Cekoslowakia, selama Perang Dunia II. Nazi Jerman menghancurkan desa Lidice sebagai balasan atas pembunuhan seorang pejabat Nazi oleh pemberontak Cekoslowakia. Pembantaian ini menjadi simbol kekejaman Nazi selama perang.
  • 1946 - Program rudal V-2 dimulai: Di Jerman, ilmuwan Jerman yang telah ditangkap oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet setelah Perang Dunia II memulai program pengembangan rudal V-2. Hal ini memicu perlombaan senjata antara Amerika Serikat dan Uni Soviet di bidang misil balistik .
  • 1992 - Deklarasi kemerdekaan Slovenia: Negara bagian Yugoslavia, Slovenia, menyatakan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Deklarasi ini menjadi katalisator pecahnya perang saudara Yugoslavia yang berkepanjangan.
  • 2003 - Pembantaian Monimbó: Terjadi di Monimbó, Nikaragua, selama protes melawan Presiden Arnoldo Alemán. Pasukan keamanan melepaskan tembakan terhadap para demonstran, menyebabkan puluhan korban jiwa. Pembantaian ini memicu aksi protes yang lebih luas dan perubahan politik di Nikaragua.
  • 2005 - Serangan teroris di London: Serangkaian ledakan bom terjadi di London, Inggris, yang menargetkan sistem transportasi umum seperti bus dan kereta bawah tanah. Serangan ini menewaskan 52 orang dan melukai lebih dari 700 orang .
  • 2011 - Pembantaian Utøya: Terjadi di Pulau Utøya, Norwegia, saat seorang teroris menyerang kamp musim panas Partai Buruh Norwegia. Serangan ini menyebabkan kematian 69 orang, sebagian besar adalah remaja. Pembantaian ini mengguncang Norwegia dan menciptakan diskusi luas tentang kebijakan imigrasi dan ekstremisme.
  • 2018 - Gerhana Bulan Total: Gerhana bulan total terjadi pada tanggal 22 Juli 2018. Gerhana ini terlihat di sebagian besar wilayah di Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Selandia Baru. [IDN]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.